Sabtu, 13 Februari 2010

PIALA DUNIA 2010

Wah,tak terasa 4 tahun berlalu setelah piala dunia 2006 yang menghantarkan italia sebagai jawara sejati piala dunia 2006 kemarin. Tahun ini 32 negara di dunia siap-siap bertempur nih melawan satu sama lain (bukan perang lho!!!) tapi ajang kompetisi yang dilakukan setiap 4 tahun sekali.apalagi kalau bukan Piala dunia 2010…hehehehe,ada yang unik pada piala dunia sekarang ini, Kenapa????
karena diadakan di benua hitam alias Afrika cingg….tapi yang bagian selatannya..hehehehe ^_^

World Cup 2010 logo.png
 ini dia logo piala dunia 2010

dan tahun ini,negara yang tergabung dalam Oceania Football Club(OFC)lw g salah denger…untuk kali pertama menunjukkan kebolehannya dalam kancah piala dunia 2010 ini,adalah Selandia Baru (kapan Indonesia yaaa???)
Benua Afrika dipilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi ini, sebagai bagian dari kebijakan baru FIFA untuk merotasi tempat penyelenggaraan turnamen Piala Dunia FIFA di antara konfederasi – konfederasi FIFA.
Berikut merupakan lima negara yang mengajukan pencalonan tuan rumah penyelenggara.
Berdasarkan keputusan Komite Eksekutif FIFA yang tidak memperbolehkan adanya tuan rumah bersama, Flag of Tunisia.svg TunisiaFlag  of Libya.svg Libya, karena tidak memenuhi seluruh ketentuan yang tertulis dalam daftar persyaratan resmi yang dikeluarkan FIFA. mengundurkan diri dari proses pencalonan. Komite Eksekutif juga memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan tunggal
Berikut hasil pemungutan suara untuk penentuan akhir tuan rumah penyelenggara.
Negara Jumlah Suara
Flag of South Africa.svg Afrika Selatan 14
Flag of Morocco.svg Maroko 10
Flag of Egypt.svg Mesir 0
Hasil pemungutan suara ini diumumkan oleh Presiden FIFA, Sepp Blatter dalam konferensi pers pada 15 Mei 2004 di Zürich, Swiss. Berdasarkan hasil tersebut, Afrika Selatan menjadi tuan rumah penyelenggara turnamen ini.

Zakumi, maskot resmi turnamen.
Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut “nyentrik” berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan “South Africa 2010″, dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.
Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.[1]
udah ahhh,,maless ngetik lagi….
mending kalian baca selengkapnya di mbah google atau paman wikipedia…dadadaw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar